BERBAGI ILMU

Translate

close

Friday, May 15, 2015

KEGIATAN KKN Partiscipation Action Research (PAR) IAIS LUMAJANG

KKN PAR IAIS: KEGIATAN PAR IAIS TEAM 3

KKN PAR IAIS: KEGIATAN PAR IAIS TEAM 3: KEGIATAN KKN PAR 2014 ( IAIS WONOREJO LUMJANG ) Kami berangkat bersma-sama ke desa Barat dengan naik sepeda bermotor bersama-sama...

KKN PAR IAIS LUMAJANG

Download Video KKN PAR IAIS DISINI

KEGIATAN PAR IAIS TEAM 3



KEGIATAN KKN PAR 2014
( IAIS WONOREJO LUMJANG )
Kami berangkat bersma-sama ke desa Barat dengan naik sepeda bermotor bersama-sama seperti pawai.
Tentang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
DPL kami adalah Bpk Ghulam dan Bpk Umana’ur Rasul. Karena setelah melihat presentasi mapping dan transek dari kami, Alhamdulillah DPL mempercayakan tugas kepada kami sepenuhnya. Merka cukup memberi pengarahan tentang pengetahuan PAR yang belum kami ketahui.
Perdebatan yang terjadi pada TEAM 3
KKN kami dari mahasiswa yang berbeda jurusan. Ada yang dari PAI dan Ekonomi. Jadi cara penyampaian PARnya itu berbeda-beda pengetahuan. Untuk itu kami sarankan agar untuk Kompak dalam memahami Materi PAR dalam teori dan praktiknya.
Tahap To Know
Pada tahap to know kami disitu hanya untuk mengetahui secara mendalam tentang potensi dan permasalahan yang ada di desa Barat. Kami menjadi 6 kelompok untuk menyebar ke 6 dusun untuk mengetahui dusun mana yang harus kami dampingi sebagai contoh desa-desa yang lain untuk maju dan berkembang. Pada 6 dusun yang kami temui adalah tentang permasalahan pernikahan dini, kurangnya penghijauan, remaja yang merantau, dan permasalahan kesehatan yang menurun.
Kami memperkecil lagi pencarian untuk mengetahui didusun mana yang paling banyak permasalahannya. Setelah itu kami menentukan dusun krajan yang dijadikan untuk pendampingan kami, karena memang banyak permasalahan yang ada di dusun krajan, pernikahan dini yang meningkat, remaja yang tidak ada kegiatan, kurangnya penghijauan dan kesehatan yang menurun. Kita memilih dusun krajan karena beberapa alasan :
1.      Dusun Krajan adalah termasuk pusat desa, karena kami bisa bertemu dengan warga dari dusun lain di Balai Desa Barat.
2.      Lebih mudah untuk mengadakan acara. Karena semua warga dusun lain pasti mengetahuinya.
3.      Sebagai contoh dusun lain untuk mengikuti jejak dusun krajan yang telah kami lakukan pendampingan.
Pada tahap to know ini kami menyebar lagi kebeberapa RT yang ada di dusun krajan untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah yang terjadi pada dusun krajan.
Kegiatan malam harinya kami berdiskusi untuk menentukan permasalahan yang kami ambil. Dari permasalahan yang kami kumpulkan adalah tentang Pernikhan Dini, Tidak adanya kegiatan remaja, Kurangnya penghijauan, dan menurunnya kesehatan. Pada saat itu kami bingung harus mengambil yang permaslahan yang bisa dilakukan pendampingan, karena itu adalah curhatan-curhatan dari masyarakat.
Jadi kami sepakat untuk mencoba menerima semua permasalahan yang ada dan kami melakukan pendampingan.
Tahap To Understand
Pada tahap ini kami menyebar berkunjung ke rumah warga untuk mengetahui atas sadar tidaknya akan masalah yang mereka timpa. Alhamdulillah ada sebagian warga yang merasa sadar akan ke 4 permasalahan tersebut. Remaja mulai sadar akan kurangnya kegiatan itu, dan menjadi akrab dengan kami, ibu-ibu dan remaja wanita juga sadar akan bahayanya pernikahan dini pada ekonomi dan kesehatan mereka, para bapak sangat menginginkan penghijaun karena untuk menjaga agar tidak terjadi kekeringan dan air tetap mengalir.
Dari kesadaran-kesadaran tersebut. kami merasa berhasil pada tahap to know dan to understand
Tahap to Plan
Setelah itu adalah tahap to Plan, adalah perencanaan dari program yang sudah kami tentukan.
Kami kembali lagi ke warga yang telah sadar akan masalah yang menimpa desanya, kemudian kami membuat pohon masalah dan pohon harapan secara bersama-sama. Warga dusun krajan sangatlah aktif dan senang untuk berdiskusi tentang permasalahan-permasalahan dan melakukan secara bersama-sama. Akhirnya kami dan warga berencana untuk datang ke dinas – dinas yang bersangkutan terlebiih dahulu. Kemudian warga dan kami mengadakan kegiatan bersama PUNDI AMAL SCTV yaitu acara KESEHATAN yang diikuti dari 6 dusun dan bahkan dari desa lain banyak yang ikut berpartispasi. Kemudian Warga Menanam 20.000 pohon pada seluruh dusun. Warga mengadakan sosialisasi dan membentuk binaan pada remaja dan membuat film tentang bahayanya pernikahan dini. Dan para remaja laki-laki membentuk kembali persatuan sepak bola yang telah mati menjadi bangkit kembali.
Tahap to Action
Kemudian warga dan kami mengadakan kegiatan bersama PUNDI AMAL SCTV yaitu acara KESEHATAN yang diikuti dari 6 dusun dan bahkan dari desa lain banyak yang ikut berpartispasi. Kemudian Warga Menanam 20.000 pohon pada seluruh dusun. Warga mengadakan sosialisasi dan membentuk binaan pada remaja dan membuat film tentang bahayanya pernikahan dini. Dan para remaja laki-laki membentuk kembali persatuan sepak bola yang telah mati menjadi bangkit kembali.
Itulah aksi-aksi kami pada waktu KKN di desa Barat Kecamatan Padang Kabupaten Lumaajang. Alhamdulillh kami menaruh kenangan yang manis bagi warga didesa tersebut.
Dalam Pengerjaan Laporan
Menulis Fieldnote sebagai pengalaman kami selama 40 hari. Ditulis setelah kami melakukan kunjungan kerumah warga. FieldNote download disini
Mengumpulkan foto-foto mengenai permasalahan-permasalahan yang ada.
Membuat film warga Download Disini
Membuat laporan KKN PAR berupa Video bisa download disini
Membuat laporan KKN PAR berupa Dokumen bisa didownload disini

Download video laporan KKN PAR TEAM 3 DISINI

PROSES KERJA SAMA DENGAN PUNDI AMAL SCTV ( KESEHATAN )

Proses Diskusi Untuk kegiatan yang akan dilaksanakan warga



Diskusi untuk Nonton bareng tentang pernikahan dini yang telah di buat oleh warga


Industri Kripik yang ada di Desa Barat


Pembentukan Tim Sepak bola remaja Desa Barat "PERSEBA"


Hari santai untuk menambah kekompakan bersama


 mendiskusikan kegiatan sosialisasi pernikahan dini


MAKAN MALAM BERSAMA DENGAN LAUK SEADANYA


 PROSES PENDEKATAN KEPADA PARA REMAJA DESA BARAT


Download videonya Disini

No comments:

Post a Comment

>