KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL (UTS)
|
||
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
|
||
TEMA
|
:
|
1 Selamatkan Makhluk
Hidup
|
KELAS/SEMESTER
|
:
|
VI / I
|
KOMPETENSI INTI
|
:
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
Muatan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi/Tema
|
Indikator
Pembelajaran
|
Indikator Soal
|
Bentuk soal
dan Nomor Soal
|
|||
PG
|
Isian
|
Uraian
|
||||||
PPKn
|
3.1 Memahami
moralitas yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, dan
lingkungan masyarakat sekitar
|
Selamatkan
Makhluk Hidup
|
Ø
Menjelaskan nilai-nilai Pancasila yang
terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan sila kemanusiaan yang adil
dan beradab
|
· Siswa
dapat mengidentifikasi nilai yang terkandung pada sila 1 dalam Pancasila
melalui pernyataan yang disampaikan
· Siswa
dapat mengidentifikasi nilai yang terkandung pada sila 1 dalam Pancasila
melalui pernyataan yang disampaikan
|
1
4
|
|
|
|
Ø
Menceritakan sikap-sikap yang sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat
sekitar
|
· Siswa
dapat mengidentifikasi pengamalan sila
dalam Pancasila di lingkungan sekolah
· Siswa
dapat mengidentifikasi pengamalan sila
4 dalam Pancasila di lingkungan sekolah
· Siswa
dapat mengidentifikasi pengamalan sila
dalam Pancasila di lingkungan masyarakat
|
2
5
6
|
8
|
|
||||
Ø Memberikan
contoh penerapan nilai-nilai Pancasila di rumah
|
Siswa
dapat memberikan contoh penerapan nilai Pancasila di lingkungan rumah
|
3
|
|
|
||||
Ø Menceritakan
nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila di lingkungan sekitar
|
Siswa
dapat memberikan contoh penerapan nilai Pancasila di lingkungan sekitar
|
|
7
|
|
||||
Bahasa
Indonesia
|
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa
Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
|||||||
·
Menuliskan
bagian-bagian dari teks investigasi
|
· Siswa
dapat menjelaskan yang bukan merupakan bagian dari teks investigasi
· Siswa
dapat menjelaskan cara memperoleh laporan investigasi
· Siswa
dapat menjelaskan pengertian laporan investigasi
|
10
11
|
|
16
|
||||
· Menemukan informasi dan menjawab pertanyaan dari teks
laporan investigasi tentang hewan
|
Siswa
dapat menemukan informasi laporan investigasi berdasarkan teks bacaan
|
|
|
15
|
||||
· Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang
merawat lingkungan sekitar
|
Siswa
dapat melengkapi kalimat sesuai laporan investigasi tentang lingkungan
sekitar
|
12
|
|
|
||||
3.2 Menggali
informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan
lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih kosakata baku
|
·
Menuliskan ciri-ciri
teks investigasi
|
· Siswa
dapat mengidentifikasi yang termasuk bagian dari teks investigasi
· Siswa
dapat menjelaskan bagian dari laporan teks investigasi
· Siswa
dapat menyebutkan ciri laporan investigasi
|
9
|
13
14
|
|
|||
Matematika
|
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen).
|
|||||||
·
Menyelesaikan soal cerita pecahan
(biasa/campuran, desimal dan persen) menggunakan operasi hitung penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian secara benar
|
· Siswa
dapat menyelesaikan operasi hitung
persen
· Siswa
dapat menyelesaikan operasi hitung pecahan
|
17
18
|
20
|
21
|
||||
·
Menentukan hasil operasi hitung
yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
|
Siswa
dapat menyelesaikan soal hitung berbagai pecahan
|
|
19
|
|
||||
3.2 Memahami
perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
|
·
Menentukan hasil operasi hitung perbandingan
senilai dan perbandingan berbalik nilai
|
· Siswa
dapat menyelesaikan soal perbandingan dengan benar
· Siswa
dapat menyelesaikan operasi hitung perbandingan berbalik nilai dengan benar
|
22
23
|
26
|
|
|||
·
Merumuskan dengan kalimat sendiri
penyelesaian soal pemecahan masalah tentang perbandingan senilai dan
perbandingan berbaik nilai
|
· Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan operasi hitung
perbandingan senilai
|
24
25
|
|
|
||||
IPA
|
3.6
Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup.
|
·
Menjelaskan proses perkembang biakan
generatif pada tumbuhan
|
· Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif
· Siswa
dapat menjelaskan perkembangbiakan pada tumbuhan
|
27
28
|
|
|
||
·
Menuliskan fakta mengenai perkembangbiakan
vegetatif hewan
|
· Siswa
dapat memberikan contoh perkembangbiakan pada hewan
· Siswa
dapat menyebutkan perkembangbiakan salah satu hewan
|
30
31
|
|
34
|
||||
·
Menuliskan fakta mengenai
perkembangbiakan generatif hewan
|
· Siswa
dapat menjelaskan perkembangbiakan hewan secara generatif
|
32
|
|
|
||||
·
Mengamati dan mengidentifikasi
persamaan dan perbedaan perkembangbiakan vegetatif dan generatif pada
tumbuhan
|
· Siswa
dapat memberikan contoh perkembangbiakan secara vegetatif
· Siswa
dapat menjelaskan keuntungan perkembangbiakan secara generatif
|
29
|
|
33
|
||||
IPS
|
3.3 Memahami keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.
|
·
Menjelaskan kondisi geografis di
wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial dan budaya
|
· Siswa
dapat menjelaskan letak geografis Indonesia
· Siswa
dapat menjelaskan mata pencaharian penduduk berdasarkan kondisi geografisnya
· Siswa
dapat menjelaskan pengaruh kondisi alam dengan keragaman budaya masyarakat setempat
|
35
36
37
|
39
|
|
||
·
Menjelaskan kondisi geografis
lingkungan
|
Siswa
dapat menemukan cara pelestarian tumbuhan berkaitan dengan kondisi lingkungan
|
|
40
|
|
||||
·
Mengaitkan manusia dalam hubungannya
dengan hewan serta pengaruhnya bagi kehidupan
|
· Siswa
dapat menyebutkan kondisi alamdalam hubungannya dengan hewan
|
38
|
|
|
||||
·
Menemukan keterkaitan hubungan manusia
dengan kelestarian hewan dan tumbuhan
|
· Siswa
dapat menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan kondisi geografisnya
· Siswa
dapat menyebutkan sikap dalam melestarikan hewan dan tumbuhan
|
|
|
41
42
|
||||
SBdP
|
3.1 M
|
·
Mengenal kerajinan teknik jahit tiga
dimensi tentang hewan
|
· Siswa
dapat menjelaskan jenis teknik jahit
· Siswa
dapat menjelaskan fungsi dari teknik jahit
· Siswa
dapat menjelaskan pengertian teknik menjahit
|
|
43
44
|
45
|
||
3.2 Mengenal karya dua dan tiga dimensi
berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
|
·
Menjelaskan kerajinan teknik jahit
tiga dimensi tentang hewan
|
· Siswa
dapat menjelaskan langkah-langkah teknik menjahit tiga dimensi
|
|
|
46
|
|||
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan.
|
·
Menyajikan kreasi hasil pengolahan
makanan dalam kegiatan pameran secara sederhana
|
· Siswa dapat
menjelaskan salah satu kreasi olahan
makanan
|
|
47
|
|
|||
·
Berkreasi membuat poster untuk
kegiatan kampanye
|
· Siswa
dapat menjelaskan langkah-langkah membuat poster
· Siswa
dapat membuat poster sesuai tema yang ditentukan
|
|
48
|
50
|
||||
·
Mengkampanyekan poster
|
· Siswa
dapat menjelaskan cara mengkampanyekan poster
|
|
|
49
|
No comments:
Post a Comment