BERBAGI ILMU

Translate

close

Monday, December 4, 2017

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL (UTS) kelas VI TEMA 1

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL (UTS)
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
TEMA
:
1 Selamatkan Makhluk Hidup
KELAS/SEMESTER
:
VI / I
KOMPETENSI INTI
:
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Muatan
Kompetensi Dasar
Materi/Tema
Indikator Pembelajaran
Indikator Soal
Bentuk soal dan Nomor Soal
PG
Isian
Uraian
PPKn
3.1   Memahami moralitas yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
Selamatkan Makhluk Hidup
Ø Menjelaskan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan sila kemanusiaan yang adil dan beradab
·      Siswa dapat mengidentifikasi nilai yang terkandung pada sila 1 dalam Pancasila melalui pernyataan yang disampaikan
·      Siswa dapat mengidentifikasi nilai yang terkandung pada sila 1 dalam Pancasila melalui pernyataan yang disampaikan


1


4




Ø Menceritakan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
·   Siswa dapat mengidentifikasi  pengamalan sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah
·   Siswa dapat mengidentifikasi  pengamalan sila 4 dalam Pancasila di lingkungan sekolah
·   Siswa dapat mengidentifikasi  pengamalan sila dalam Pancasila di lingkungan masyarakat
2

5

6



8


Ø Memberikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila di rumah
Siswa dapat memberikan contoh penerapan nilai Pancasila di lingkungan rumah
3



Ø Menceritakan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila di lingkungan sekitar
Siswa dapat memberikan contoh penerapan nilai Pancasila di lingkungan sekitar

7


Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

·       Menuliskan bagian-bagian dari teks investigasi
·      Siswa dapat menjelaskan yang bukan merupakan bagian dari teks investigasi
·      Siswa dapat menjelaskan cara memperoleh laporan investigasi
·      Siswa dapat menjelaskan pengertian laporan investigasi
10

11




16

·       Menemukan informasi dan menjawab pertanyaan dari teks laporan investigasi tentang hewan
Siswa dapat menemukan informasi laporan investigasi berdasarkan teks bacaan


15

·       Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang merawat lingkungan sekitar
Siswa dapat melengkapi kalimat sesuai laporan investigasi tentang lingkungan sekitar
12









3.2 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih kosakata baku
·       Menuliskan ciri-ciri teks investigasi
·       Siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk bagian dari teks investigasi
·       Siswa dapat menjelaskan bagian dari laporan teks investigasi
·       Siswa dapat menyebutkan ciri laporan investigasi

9


13

14



Matematika







3.1    Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen).


·          Menyelesaikan soal cerita pecahan (biasa/campuran, desimal dan persen) menggunakan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian secara benar
·   Siswa dapat menyelesaikan  operasi hitung persen
·   Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung pecahan
17
18

20

21

·          Menentukan hasil operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
Siswa dapat menyelesaikan soal hitung berbagai pecahan

19


3.2 Memahami perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
·          Menentukan hasil operasi hitung perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
·      Siswa dapat menyelesaikan soal perbandingan dengan benar
·      Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung perbandingan berbalik nilai dengan benar
22

23


26



·          Merumuskan dengan kalimat sendiri penyelesaian soal pemecahan masalah tentang perbandingan senilai dan perbandingan berbaik nilai
·      Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan operasi hitung perbandingan senilai
24
25



IPA
3.6  Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup.
·      Menjelaskan proses perkembang biakan generatif pada tumbuhan
·       Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri perkembangbiakan pada tumbuhan  secara generatif
·       Siswa dapat menjelaskan perkembangbiakan pada tumbuhan
27

28




·      Menuliskan fakta mengenai perkembangbiakan vegetatif hewan
·      Siswa dapat memberikan contoh perkembangbiakan pada hewan
·      Siswa dapat menyebutkan perkembangbiakan salah satu hewan

30

31

34

·      Menuliskan fakta mengenai perkembangbiakan generatif hewan
·      Siswa dapat menjelaskan perkembangbiakan hewan secara generatif
32




·      Mengamati dan mengidentifikasi persamaan dan perbedaan perkembangbiakan vegetatif dan generatif pada tumbuhan
·   Siswa dapat memberikan contoh perkembangbiakan secara vegetatif
·   Siswa dapat menjelaskan keuntungan perkembangbiakan secara generatif
29





33



IPS
3. Memahami keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.
·      Menjelaskan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial dan budaya
·       Siswa dapat menjelaskan letak geografis Indonesia
·       Siswa dapat menjelaskan mata pencaharian penduduk berdasarkan kondisi geografisnya
·       Siswa dapat menjelaskan pengaruh kondisi alam dengan keragaman budaya  masyarakat setempat
35
36

37




39


·      Menjelaskan kondisi geografis lingkungan
Siswa dapat menemukan cara pelestarian tumbuhan berkaitan dengan kondisi lingkungan

40


·      Mengaitkan manusia dalam hubungannya dengan hewan serta pengaruhnya bagi kehidupan
·      Siswa dapat menyebutkan kondisi alamdalam hubungannya dengan hewan
38



·      Menemukan keterkaitan hubungan manusia dengan kelestarian hewan dan tumbuhan
·       Siswa dapat menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan kondisi geografisnya
·       Siswa dapat menyebutkan sikap dalam melestarikan hewan dan tumbuhan


41

42


SBdP
3.1 M
·      Mengenal kerajinan teknik jahit tiga dimensi tentang hewan
·      Siswa dapat menjelaskan jenis teknik jahit
·      Siswa dapat menjelaskan fungsi dari teknik jahit
·      Siswa dapat menjelaskan pengertian teknik menjahit

43
44


45

3.2 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
·      Menjelaskan kerajinan teknik jahit tiga dimensi tentang hewan
·      Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah teknik menjahit tiga dimensi


46

3. Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan.
·       Menyajikan kreasi hasil pengolahan makanan dalam kegiatan pameran secara sederhana
·      Siswa dapat menjelaskan  salah satu kreasi olahan makanan

47


·       Berkreasi membuat poster untuk kegiatan kampanye
·       Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah membuat poster
·       Siswa dapat membuat poster sesuai tema yang ditentukan

48


50

·       Mengkampanyekan poster
·      Siswa dapat menjelaskan cara mengkampanyekan poster


49




No comments:

Post a Comment

>