BERBAGI ILMU

Translate

close

Monday, December 4, 2017

CONTOH SOAL HOTS SD/MI

A.        Contoh Soal HOTS

  1. Level Kognitif 1

Kompetensi Dasar :  Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 
Materi                        :  Pertumbuhan hewan
Kelas/Sem                :  IV/2
Indikator Soal          :  Siswa dapat menentukan tahapan awal siklus hidup hewan tertentu
Level Kognitif           :  1 (mengingat-C1)

Soal : 
Tahapan pertumbuhan ayam dimulai dari ….
Kunci   :  telur
Skor     : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah) 
Penjelasan:
Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (mengingat-C1) karena mengukur pengetahuan yang relevan dari ingatan.

Kompetensi Dasar:  Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 
Materi                   :  Pertumbuhan hewan
Kelas/Sem                :  IV/2
Indikator Soal       :  Disajikan tahapan siklus hewan secara acak, siswa dapat mengurutkan tahapan siklus pertumbuhan hewan tersebut.
Level Kognitif      :  1 (memahami-C2)

Soal : 
Perhatikan gambar berikut!



Urutan pertumbuhan hewan pada gambar di atas adalah ….
A. (1), (2), (3), dan (4)
B.  (2), (3), (4), dan (1)
C.  (3), (1), (4), dan (2)
D.  (3), (1), (2), dan (4)
Kunci   : C.  (3), (1), (4), dan (2)
Skor     : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah) 
Penjelasan:
                Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (memahami-C2) karena mengukur pemahaman siswa tentang konsep tertentu.

  1. Level Kognitif 2
Kompetensi Dasar:  Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 
Materi                   :  Pertumbuhan hewan
Kelas/Sem                :  IV/2
Indikator Soal       :  Disajikan dua gambar hewan, siswa dapat membandingkan siklus hidup kedua hewan tersebut.
Level Kognitif      :  2 (menerapkan-C3)

Soal : 
Perhatikan gambar berikut!
                                               



Jelaskan tiga perbedaan siklus hidup dari kedua gambar tersebut!
Kunci  Jawaban dan Pedoman Penskoran:
Kunci Jawaban
Skor
       Ayam bertelur sedangkan kucing melahirkan; dan/atau
       ayam dari bertelur à anak ayam à ayam dewasa à induk ayam sedangkan kucing dari melahirkan à anak kucing à kucing dewasa; dan/atau
       Ayam mengalami perubahan bentuk berbeda-beda, sedangkan kucing tidak
Jika kosong atau jawaban salah
0
Jika 1 jawaban benar
1
Jika 2 jawaban benar
2
Jika 3 jawaban benar
3
Penjelasan:
Soal tersebut termasuk level kognitif 2 (menerapkan-C3) karena siswa menerapkan pengetahuan dan pemahaman yang mereka miliki untuk membandingkan dua fenomena.

  1. Level Kognitif 3

Kompetensi Dasar   : Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 
Materi                                  :  Pertumbuhan hewan
Kelas/Sem                          :  IV/2
Indikator Soal         :  Disajikan siklus daur hidup hewan tertentu, siswa dapat menyimpulkan peristiwa yang akan terjadi jika suatu fenomena kegiatan manusia mempengaruhi siklus tersebut.
Level Kognitif                     :  3 (menganalisis-C4)
Soal : 
Apa yang akan terjadi terhadap siklus pertumbuhan kupu-kupu apabila kebutuhan kain sutra meningkat dengan tajam?
Kunci : 

Kebutuhan kain sutra yang meningkat mengakibatkan kebutuhan ulat sutra meningkat sehingga mengakibatkan menurunnya jumlah populasi kepompong dan kupu-kupu. Lambat laun kupu-kupu bisa punah.

No comments:

Post a Comment

>