RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
TERPADU
Sekolah :
MI MAMBA’UL HUDA
Kelas/Semester : II/1 (satu)
Tema : 1
/ HIDUP RUKUN
Subtema :
1 / Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu :
…. x 35 menit (1 kali pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita
atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
· Menyebutkan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
· Menjelaskan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
· Mengkategorikan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
· Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
4.1 Menirukan ungkapan,
ajakan, perintah penolakan
dalam cerita atau lagu anak – anak dengan Bahasa yang santun
|
· Menirukan
ungkapan, ajakan, perintah penolakan dalam cerita
atau lagu anak – anak dengan Bahasa yang santun
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah dan
menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model
konkret serta cara membacanya.
|
· Menyebutkan
makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret serta cara membacanya.
· Menjelaskan
makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat
dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
|
4.1
Membaca dan menyajikan bilangan cacah
dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.
|
· Memposisikan
bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret.
· Menyajikan
bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Mengenal
pola irama sederhana melalui lagu anak – anak.
|
· Menyebutkan
pola irama sederhana melalui lagu anak – anak.
|
4.2
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak anak
|
· Menyesuaikan
pola irama sederhana melalui lagu anak anak
· Mendemonstrasikan
pola irama sederhana melalui lagu anak anak
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung
ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita
tersebut dengan tepat.
2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks
percakapan tersebut dengan tepat.
3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat
menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat
membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
5. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang
pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
6. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang
pendek
bunyi pada lagu anak dengan tepat.
bunyi pada lagu anak dengan tepat.
D. Materi
Pembelajaran.
1.
Ungkapan dalam
teks cerita
2.
Bilangan cacah
dan lambing bilangan
3.
Panjang dan
pendek bunyi pada lagu anak
E. Metode
Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, ceramah dan diskusi
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
§ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
§ Siswa
menyimak teks cerita pada buku yang dibacakan siswa (mengamati).
§ Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks
(mengamati).
§ Siswa
menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita
(mengeksplorasi).
§ Siswa
membaca kalimat yang yang terdapat pada teks percakapan. (mengeksplorasi).
§ Siswa
bersama dengan teman di sebelahnya membaca percakapan yang terdapat pada buku
dan membuat percakapan. (mengkomunikasikan).
§ Siswa
memperagakan percakapan yang sudah dibuat dengan teman sebangkunya (mengkomunikasikan
).
§ Siswa
mengamati gambar rak buku yang ada di Buku siswa ( mengamati )
§ Guru
mengajak siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang
banyaknya ratusan ( mengeksplorasi).
§ Siswa
diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah
(mengamati).
§ Siswa
menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (mengeksplorasi).
§ Siswa
mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
§ Siswa
bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
§ Siswa
menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamat-an (mengomunikasikan).
§ Siswa
membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa
(mencoba).
§ Dari
kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda
berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§ Siswa
membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima
bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (mencoba).
§ Siswa
menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan (mengamati).
§ Siswa
diminta merasakan panjang pendek dari lagu Peramah dan Sopan ( mengamati )
§ Siswa
bersama – sama menyanyikan lagu peramah dan sopan bersama dengan guru. (mencoba).
§ Siswa
menandai bagian – bagian lagu yang dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan
pendek (mencoba).
|
50 menit
|
Penutup
|
§ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
selama sehari
§ Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§ Melakukan penilaian hasil belajar
§ Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
10 Menit
|
G. Penilaian
1. Sikap
Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
2. Pengetahuan
Muatan
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Bahasa Indonesia
|
·
Menyebutkan ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang
menggambarkan sikap hidup rukun
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
Matematika
|
· Menyebutkan
makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat
dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
|
Tes tertulis
|
Soal isian
|
SBDB
|
· Menyebutkan
pola irama sederhana melalui lagu anak – anak
|
Tes tertulis
|
Soal isian
|
3. Keterampilan
Rubrik Penilaian
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbi- ngan (1)
|
1
|
BAHASA
INDONESIA
|
||||
(KD
4.1)
Ketepatan
mengucapkan ungkapan di dalam teks.
|
Semua
ungkapan di dalam teks di ucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah, di ucapkan, tanpa bantuan
guru.
|
Ada
beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah di ucapkan, dengan bantuan
guru.
|
Belum
ada ungkapan yang disebutkan dengan benar meskipun dengan bantuan guru.
|
|
2
|
SBdP
|
||||
(KD
4.2)
Ketepatan
menampilkan panjang pendek bunyi lagu.
|
Semua
nada dinyanyikan sesuai irama lagu dengan memperhatikan panjang pendek bunyi,
tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa nada yang dinyanyikan sesuai irama lagu dengan bunyi panjang dan
bunyi pendek yang masih salah, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa nada yang dinyanyikan sesuai irama lagu dengan bunyi panjang dan
bunyi pendek yang masih salah, dengan bantuan guru.
|
Semua
nada dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek masih salah , dengan
bantuan guru.
|
|
3
|
MATEMATIKA
|
||||
(KD
4.1)
Ketepatan
membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan
|
Semua
bilangan dibaca dengan benar
|
Ada
beberapa bilangan yang masih salah dibaca, tanpa bantuan guru
|
Ada
beberapa bilangan yang masih salah dibaca, dengan bantuan guru
|
Belum ada bilangan yang dibaca dengan benar,
meskipun dibantu guru
|
4. Remedial
a.
Guru membimbing siswa
secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca dengan lancer karena akan
berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
b.
Guru membimbing siswa yang
belum mampu menentukan panjang pendek nada
pada lagu menggunakan symbol.
c.
Guru membahas kembali
materi tentang pembacaan dan penyajian lambing bilangan sampai 999.
5. Pengayaan
a. Guru memberikan tugas untuk menyebutkan ungkapan lain dan artinya
yang terdapat dalam teks Hidup Rukun.
b. Guru memberikan soal-soal yang bervariasi bagi siswa yang telah
mampu menyelesaikan soal latihan tentang pembacaan bilangan cacah dengan tiga
angka.
c. Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu
menentukan panjang pendek nada pada lagu
menggunakan symbol.
H. Media/Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media/Alat
: Buku cerita rakyat
atau buku cerita lain yang sesuai dengan materi, teks bacaan, meja, botol, alat
musik (disesuaikan dengan kondisi sekolah).
Bahan :
-
Sumber Belajar
: Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II,
Tema 1: Hidup Rukun, Subtema 1: Hidup
Rukun di Rumah, Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Refleksi Guru
|
Pasirian, ......................2017
Mengatahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas II
(YUYUN MUFRODAH, S.Pd.I) (M. RESKI MASHURI, S.Pd.I)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
TERPADU
Sekolah :
MI MAMBA’UL HUDA
Kelas/Semester : II/1 (satu)
Tema :
1 / HIDUP RUKUN
Subtema :
1 / Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran ke : 2
Alokasi Waktu :
… x 35 menit (1 kali pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Mengidentifikasi hubungan antara
symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara Garuda Pancasila
|
· Menyebutkan
hubungan antara symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara
Garuda Pancasila
· Menjelaskan
hubungan antara symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara
Garuda Pancasila
· Mengidentifikasi
hubungan antara symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara
Garuda Pancasila
|
4.1 Menjelaskan hubungan
gambar pada lambing Negara dengan sila-sila Pancasila.
|
· Menyesuaikan hubungan gambar pada lambing Negara dengan
sila-sila Pancasila.
· Memposisikan hubungan gambar pada lambing Negara dengan
sila-sila Pancasila.
· Menjelaskan hubungan gambar pada lambing Negara dengan sila-sila
Pancasila.
|
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita
atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
· Menyebutkan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
· Menjelaskan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
· Mengkategorikan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
· Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
4.1 Menirukan ungkapan,
ajakan, perintah penolakan
dalam cerita atau lagu anak – anak dengan Bahasa yang santun
|
· Menirukan
ungkapan, ajakan, perintah penolakan dalam cerita
atau lagu anak – anak dengan Bahasa yang santun
|
PJOK
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
· Menyebutkan
gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
· Meniru
gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
· Menjelaskan
gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1
Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
· Memposisikan
gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
· Mendemonstrasikan
gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat
memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
2. Dengan diberikan gambar contoh penerapan sila pertama Pancasila,
siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama Pancasila dengan benar.
siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama Pancasila dengan benar.
3. Dengan diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada
gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama
pada Pancasila dengan benar.
gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama
pada Pancasila dengan benar.
4. Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa
dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan
tepat.
dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan
tepat.
5. Dengan diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks
percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua
pada Pancasila dengan benar.
percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua
pada Pancasila dengan benar.
6. Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat
menjelaskan
gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
7. Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat
melakukan
gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
8. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang
pendek
bunyi pada lagu anak dengan tepat.
bunyi pada lagu anak dengan tepat.
D. Materi
Pembelajaran.
1. Sila – sila dan symbol pancasila
2. Dialog, Teks Cerita
dan Lagu
3. Permainan, gerak dasar
E. Metode
Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, ceramah dan diskusi
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
§ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
§ Siswa
mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat symbol Pancasila (mengamati).
§ Siswa
menirukan guru mengucapkan symbol-simbol Pancasila (mengamati).
§ Siswa
membaca bersama-sama teks Pancasila (mencoba).
§ Siswa
memasangkan symbol dengan bunyi sila-sila pada pancasila. (mencoba).
§ Siswa
menyebutkan bunyi sila yang sesuai dengan gambar yang ditunjukkan ( mencoba)
§ Guru
membagi 4 kelompok untuk mendiskusikan Pancasila dalam pengamalan dari masing
– masing sila yang terdapat pada Pancasila . (mengkomunikasikan).
§ Guru
memotivasi siswa agar menanyakan hal yang berkaitan dengan penerapan
pancasila dalam kehidupannya (menanya).
§ Masing-masing
kelompok menjelaskan dalam penerapan pancasila dalam kehidupannya ( menalar )
§ Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya pada kelompok yang presentasi tentang
penerapan pancasila dalam kehidupa sehari-hari ( menanya).
§ Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil dari diskusi tentang penerapan pancasila
dalam kehidupan sehari-hari. (menalar)
§ Siswa
menyimak teks percakapan yang dibacakan guru (mengamati).
§ Siswa
membaca teks percakapan (mengamati)
§ Siswa
berpasangan dengan teman disebelahnya memperagakan percakapan (mengkomunikasikan).
§ Siswa
bermain peran seperti yang ada dalam percakapan tersebut (mencoba).
§ Siswa
mengamati gambar gerak dasar berjalan (mengamati).
§ Guru
memperagakan gerak dasar berjalan ( mengamati )
§ Siswa
memperagakan sesuai contoh guru (mencoba).
§ Siswa
menyebutkan gerakan yang dilakukannnya ( menalar )
|
50 menit
|
Penutup
|
§ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
§ Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§ Melakukan penilaian hasil belajar
§ Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
10 Menit
|
G. Penilaian
1. Sikap
Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
2. Pengetahuan
Muatan
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Bahasa Indonesia
|
·
Menyebutkan ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang
menggambarkan sikap hidup rukun
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
PPKn
|
· Menyebutkan
hubungan antara symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara
Garuda Pancasila
|
Tes tertulis
|
Soal isian
|
PJOK
|
· Menyebutkan
gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
Tes tertulis
|
Soal isian
|
3. Keterampilan
Rubrik Penilaian
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbi- ngan (1)
|
1
|
BAHASA
INDONESIA
|
||||
(KD
4.1)
Ketepatan
mengucapkan ungkapan di dalam teks.
|
Semua
ungkapan di dalam teks di ucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah, di ucapkan, tanpa bantuan
guru.
|
Ada
beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah di ucapkan, dengan bantuan
guru.
|
Belum
ada ungkapan yang disebutkan dengan benar meskipun dengan bantuan guru.
|
|
2
|
PPKn
|
||||
(KD
4.1)
Kesesuaian
isi cerita dengan penerapan sila pertama pada pancasila.
|
Isi cerita
sesuai dengan penerapan sila pertama pada Pancasila. Diceritakan tanpa bantuan guru. |
Ada sebagian
cerita yang belum sesuai. Diceritakan tanpa bantuan guru. |
Ada sebagian
cerita yang belum sesuai. Diceritakan dengan bantuan guru. |
Cerita tidak
sesuai dengan penerapan sila pertama pada Pancasila. |
|
3
|
PJOK
|
||||
(KD
4.1)
mempraktikkan
gerak dasar berjalan (sikap tubuh, langkah kaki, dan arah berjalan benar) |
Dapat
mempratktikkan gerak dasar berjalan dengan benar, tanpa bantuan guru. |
Ada salah satu
kriteria yang masih salah. |
Hanya satu
kriteria yang benar |
Sikap tubuh,
langkah kaki, dan arah dalam berjalan masih salah. |
4. Remedial
a. Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memahami
hubungan antara simbol dan sila-sila pada Pancasila.
hubungan antara simbol dan sila-sila pada Pancasila.
b. Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai penerapan
sila pertama dan kedua Pancasila bagi siswa yang belum mampu
menceritakan pengalamannya menerapkan sila pertama dan kedua
Pancasila.
sila pertama dan kedua Pancasila bagi siswa yang belum mampu
menceritakan pengalamannya menerapkan sila pertama dan kedua
Pancasila.
c. Guru membahas kembali materi tentang ungkapan dan artinya bagi
siswa yang belum memahami arti ungkapan.
siswa yang belum memahami arti ungkapan.
d. Guru membimbing siswa yang belum mampu melakukan gerak dasar
berjalan agar kemampuannya lebih baik.
berjalan agar kemampuannya lebih baik.
5. Pengayaan
a. Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang sudah mampu
menghubungkan simbol dengan sila-sila pada Pancasila.
menghubungkan simbol dengan sila-sila pada Pancasila.
b. Guru memberikan tugas lanjutan bagi siswa yang telah mampu
menceritakan pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila
di rumah. Guru menugaskan siswa menuliskan cerita tersebut.
menceritakan pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila
di rumah. Guru menugaskan siswa menuliskan cerita tersebut.
c. Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu
mengartikan ungkapan dengan benar.
mengartikan ungkapan dengan benar.
d. Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu
melakukan gerakan dasar berjalan berpasangan atau beregu, serta
menirukan gerakan hewan berjalan
melakukan gerakan dasar berjalan berpasangan atau beregu, serta
menirukan gerakan hewan berjalan
H. Media/Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media/Alat
: Gambar burung
Garuda, gambar symbol – symbol sila pada Pancasila, Teks percakapan Udin dan
Mutiara, Gambar gerak dasar berjalan.
Bahan :
-
Sumber Belajar
: Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas II, Tema 1: Hidup Rukun, Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah, Pembelajaran 2. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Refleksi Guru
|
Pasirian, ......................2017
Mengatahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas II
(YUYUN MUFRODAH, S.Pd.I) (M. RESKI MASHURI, S.Pd.I)
No comments:
Post a Comment