BERBAGI ILMU

Translate

close

Wednesday, August 16, 2017

RPP K13 KELAS 2 MI MAMBAUL HUDA KALIBENDO PASIRIAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU



                        Sekolah                       :           MI MAMBA’UL HUDA
                        Kelas/Semester            :           II/1 (satu)
                        Tema                           :           1 / HIDUP RUKUN
                        Subtema                      :           1 / Hidup Rukun di Rumah
                        Pembelajaran ke          :           1
                        Alokasi Waktu            :           ….  x 35 menit (1 kali pertemuan)
                            
A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
            Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
·      Menyebutkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
·      Menjelaskan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
·      Mengkategorikan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
·      Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1  Menirukan ungkapan, ajakan, perintah penolakan dalam cerita atau lagu anak – anak dengan Bahasa yang santun
·      Menirukan ungkapan, ajakan, perintah penolakan dalam cerita atau lagu anak – anak dengan Bahasa yang santun

            Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
·      Menyebutkan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
·      Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
4.1 Membaca dan menyajikan  bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.
·      Memposisikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.
·      Menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.


SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2    Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak – anak.
·      Menyebutkan pola irama sederhana melalui lagu anak – anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak anak
·      Menyesuaikan pola irama sederhana melalui lagu anak anak
·      Mendemonstrasikan pola irama sederhana melalui lagu anak anak

C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
2.      Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
3.      Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
4.      Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
5.      Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
6.      Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek
bunyi pada lagu anak dengan tepat.

D.      Materi Pembelajaran.
1.       Ungkapan dalam teks cerita
2.       Bilangan cacah dan lambing bilangan
3.       Panjang dan pendek bunyi pada lagu anak

E.  Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran        :   Tanya jawab, ceramah dan diskusi
       Pendekatan Pembelajaran  :   Saintifik

F.   Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
 Pendahuluan

§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Kegiatan inti

§  Siswa menyimak teks cerita pada buku yang dibacakan siswa  (mengamati).
§  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks (mengamati).
§  Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita (mengeksplorasi).
§  Siswa membaca kalimat yang yang terdapat pada teks percakapan. (mengeksplorasi).
§  Siswa bersama dengan teman di sebelahnya membaca percakapan yang terdapat pada buku dan membuat percakapan. (mengkomunikasikan).
§  Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuat dengan teman sebangkunya (mengkomunikasikan ).
§  Siswa mengamati gambar rak buku yang ada di Buku siswa ( mengamati )
§  Guru mengajak siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang banyaknya ratusan ( mengeksplorasi).
§  Siswa diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah (mengamati).
§  Siswa menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (mengeksplorasi).
§  Siswa mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
§  Siswa bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
§  Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamat-an (mengomunikasikan).
§  Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (mencoba).
§  Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§  Siswa membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (mencoba).
§  Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan  (mengamati).
§  Siswa diminta merasakan panjang pendek dari lagu Peramah dan Sopan ( mengamati )
§  Siswa bersama – sama menyanyikan lagu peramah dan sopan bersama dengan guru. (mencoba).
§  Siswa menandai bagian – bagian lagu yang dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan pendek (mencoba).
50 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

10 Menit





G.      Penilaian
1.      Sikap
Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






2.      Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia
·         Menyebutkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
Tes tertulis
Soal uraian
Matematika
·      Menyebutkan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
Tes tertulis
Soal isian
SBDB
·      Menyebutkan pola irama sederhana melalui lagu anak – anak
Tes tertulis
Soal isian

3.      Keterampilan
Rubrik Penilaian
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1
BAHASA INDONESIA

(KD 4.1)
Ketepatan mengucapkan ungkapan di dalam teks.
Semua ungkapan di dalam teks di ucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah, di ucapkan, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah di ucapkan, dengan bantuan guru.
Belum ada ungkapan yang disebutkan dengan benar meskipun dengan bantuan guru.
2
SBdP

(KD 4.2)
Ketepatan menampilkan panjang pendek bunyi lagu.
Semua nada dinyanyikan sesuai irama lagu dengan memperhatikan panjang pendek bunyi, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa nada yang dinyanyikan sesuai irama lagu dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang masih salah, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa nada yang dinyanyikan sesuai irama lagu dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang masih salah, dengan bantuan guru.
Semua nada dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek masih salah , dengan bantuan guru.
3
MATEMATIKA

(KD 4.1)
Ketepatan membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan
Semua bilangan dibaca dengan benar
Ada beberapa bilangan yang masih salah dibaca, tanpa bantuan guru
Ada beberapa bilangan yang masih salah dibaca, dengan bantuan guru
Belum ada bilangan yang dibaca dengan benar, meskipun dibantu guru

4.      Remedial
a.       Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca dengan lancer karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
b.      Guru membimbing siswa yang belum mampu menentukan panjang pendek nada  pada lagu menggunakan symbol.
c.       Guru membahas kembali materi tentang pembacaan dan penyajian lambing bilangan sampai 999.


5.      Pengayaan
a.       Guru memberikan tugas untuk menyebutkan ungkapan lain dan artinya yang terdapat dalam teks Hidup Rukun.
b.      Guru memberikan soal-soal yang bervariasi bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal latihan tentang pembacaan bilangan cacah dengan tiga angka.
c.       Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu  menggunakan symbol.

H.      Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/Alat            : Buku cerita rakyat atau buku cerita lain yang sesuai dengan materi, teks bacaan, meja, botol, alat musik (disesuaikan dengan kondisi sekolah).
Bahan                    :  -
Sumber Belajar      : Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas II,  Tema 1: Hidup Rukun, Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah, Pembelajaran 1.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Refleksi Guru










                                                                        Pasirian, ......................2017
         Mengatahui,                                                                                                    
       Kepala Sekolah                                                  Guru Kelas II



(YUYUN MUFRODAH, S.Pd.I)                     (M. RESKI MASHURI, S.Pd.I)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

                        Sekolah                       :           MI MAMBA’UL HUDA
                        Kelas/Semester            :           II/1 (satu)
                        Tema                           :           1 / HIDUP RUKUN
                        Subtema                      :           1 / Hidup Rukun di Rumah
                        Pembelajaran ke          :           2
                        Alokasi Waktu            :           … x 35 menit (1 kali pertemuan)
                            
A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
            PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1   Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara Garuda Pancasila
·      Menyebutkan hubungan antara symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara Garuda Pancasila
·      Menjelaskan hubungan antara symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara Garuda Pancasila
·      Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara Garuda Pancasila
4.1  Menjelaskan hubungan gambar pada lambing Negara dengan sila-sila Pancasila.
·      Menyesuaikan hubungan gambar pada lambing Negara dengan sila-sila Pancasila.
·      Memposisikan hubungan gambar pada lambing Negara dengan sila-sila Pancasila.
·      Menjelaskan hubungan gambar pada lambing Negara dengan sila-sila Pancasila.

            Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
·      Menyebutkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
·      Menjelaskan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
·      Mengkategorikan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
·      Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1  Menirukan ungkapan, ajakan, perintah penolakan dalam cerita atau lagu anak – anak dengan Bahasa yang santun
·      Menirukan ungkapan, ajakan, perintah penolakan dalam cerita atau lagu anak – anak dengan Bahasa yang santun

PJOK
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
·      Menyebutkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
·      Meniru gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
·      Menjelaskan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan  gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
·      Memposisikan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
·      Mendemonstrasikan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat
memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
2.      Dengan diberikan gambar contoh penerapan sila pertama Pancasila,
siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama Pancasila dengan benar.
3.      Dengan diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada
gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama
pada Pancasila dengan benar.
4.      Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa
dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan
tepat.
5.      Dengan diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks
percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua
pada Pancasila dengan benar.
6.      Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat menjelaskan
gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
7.      Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat melakukan
gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
8.      Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek
bunyi pada lagu anak dengan tepat.

D.      Materi Pembelajaran.
1.      Sila – sila dan symbol pancasila
2.      Dialog, Teks Cerita  dan Lagu
3.      Permainan, gerak dasar

E.       Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran        :   Tanya jawab, ceramah dan diskusi
       Pendekatan Pembelajaran  :   Saintifik

F.       Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
 Pendahuluan

§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Kegiatan inti

§  Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat symbol Pancasila   (mengamati).
§  Siswa menirukan guru mengucapkan symbol-simbol Pancasila (mengamati).
§  Siswa membaca bersama-sama teks Pancasila (mencoba).
§  Siswa memasangkan symbol dengan bunyi sila-sila pada pancasila. (mencoba).
§  Siswa menyebutkan bunyi sila yang sesuai dengan gambar yang ditunjukkan ( mencoba)
§  Guru membagi 4 kelompok untuk mendiskusikan Pancasila dalam pengamalan dari masing – masing sila yang terdapat pada Pancasila . (mengkomunikasikan).
§  Guru memotivasi siswa agar menanyakan hal yang berkaitan dengan penerapan pancasila dalam kehidupannya (menanya).
§  Masing-masing kelompok menjelaskan dalam penerapan pancasila dalam kehidupannya ( menalar )
§  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya pada kelompok yang presentasi tentang penerapan pancasila dalam kehidupa sehari-hari  ( menanya).
§  Guru bersama siswa menyimpulkan hasil dari diskusi tentang penerapan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (menalar)
§  Siswa menyimak teks percakapan yang dibacakan guru (mengamati).
§  Siswa membaca teks percakapan (mengamati)
§  Siswa berpasangan dengan teman disebelahnya memperagakan percakapan (mengkomunikasikan).
§  Siswa bermain peran seperti yang ada dalam percakapan tersebut (mencoba).
§  Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan (mengamati).
§  Guru memperagakan gerak dasar berjalan ( mengamati )
§  Siswa memperagakan  sesuai contoh guru (mencoba).
§  Siswa menyebutkan gerakan yang dilakukannnya ( menalar )
50 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

10 Menit

G.      Penilaian
1.      Sikap
Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






2.      Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia
·         Menyebutkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
Tes tertulis
Soal uraian
PPKn
·      Menyebutkan hubungan antara symbol dan sila – sila Pancasila dalam dalam lambing Negara Garuda Pancasila
Tes tertulis
Soal isian
PJOK
·      Menyebutkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Tes tertulis
Soal isian

3.      Keterampilan
Rubrik Penilaian
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1
BAHASA INDONESIA

(KD 4.1)
Ketepatan mengucapkan ungkapan di dalam teks.
Semua ungkapan di dalam teks di ucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah, di ucapkan, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah di ucapkan, dengan bantuan guru.
Belum ada ungkapan yang disebutkan dengan benar meskipun dengan bantuan guru.
2
PPKn

(KD 4.1)
Kesesuaian isi cerita dengan penerapan sila pertama pada pancasila.
Isi cerita
sesuai dengan
penerapan
sila pertama
pada Pancasila.
Diceritakan tanpa
bantuan guru.
Ada sebagian
cerita yang
belum sesuai.
Diceritakan
tanpa bantuan
guru.
Ada sebagian
cerita yang
belum sesuai.
Diceritakan
dengan bantuan
guru.
Cerita tidak
sesuai dengan
penerapan sila
pertama pada
Pancasila.
3
PJOK

(KD 4.1)
mempraktikkan
gerak dasar
berjalan (sikap
tubuh, langkah
kaki, dan arah
berjalan benar)
Dapat
mempratktikkan
gerak dasar
berjalan dengan
benar, tanpa
bantuan guru.
Ada salah satu
kriteria yang
masih salah.
Hanya satu
kriteria yang
benar
Sikap tubuh,
langkah kaki,
dan arah dalam
berjalan masih
salah.


4.      Remedial
a.    Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memahami
hubungan antara simbol dan sila-sila pada Pancasila.
b.   Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai penerapan
sila pertama dan kedua Pancasila bagi siswa yang belum mampu
menceritakan pengalamannya menerapkan sila pertama dan kedua
Pancasila.
c.    Guru membahas kembali materi tentang ungkapan dan artinya bagi
siswa yang belum memahami arti ungkapan.
d.   Guru membimbing siswa yang belum mampu melakukan gerak dasar
berjalan agar kemampuannya lebih baik.

5.      Pengayaan
a.    Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang sudah mampu
menghubungkan simbol dengan sila-sila pada Pancasila.
b.   Guru memberikan tugas lanjutan bagi siswa yang telah mampu
menceritakan pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila
di rumah. Guru menugaskan siswa menuliskan cerita tersebut.
c.    Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu
mengartikan ungkapan dengan benar.
d.   Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu
melakukan gerakan dasar berjalan berpasangan atau beregu, serta
menirukan gerakan hewan berjalan

H.      Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/Alat            : Gambar burung Garuda, gambar symbol – symbol sila pada Pancasila, Teks percakapan Udin dan Mutiara, Gambar gerak dasar berjalan.
Bahan                    :  -
Sumber Belajar      : Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas II,  Tema 1: Hidup Rukun, Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah, Pembelajaran 2.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Refleksi Guru










                                                                        Pasirian, ......................2017
         Mengatahui,                                                                                                    
       Kepala Sekolah                                                  Guru Kelas II



(YUYUN MUFRODAH, S.Pd.I)                     (M. RESKI MASHURI, S.Pd.I)



No comments:

Post a Comment

>