BERBAGI ILMU

Translate

close

Wednesday, August 16, 2017

PENILAIAN KURIKULUM K13 ( KURIKULUM 2013 )

 PENILAIAN SIKAP K13


a. Sikap spiritual 

Penilaian sikap spiritual (KI-1), antara lain:

(1) ketaatan beribadah; (2) berperilaku

syukur; (3) berdoa sebelum dan sesudah

melakukan kegiatan; dan (4) toleransi

dalam beribadah. Sikap spiritual tersebut

dapat ditambah sesuai 

karakteristik satuan pendidikan.

b. Sikap Sosial

Penilaian sikap sosial (KI-2) meliputi: (1) jujur, (2) disiplin, (3) tanggung jawab, (4) santun, (5) peduli, dan (6) percaya diri. Sikap sosial tersebut dapat ditambah oleh satuan pendidikan sesuai kebutuhan.

Penilaian sikap di sekolah dasar dilakukan oleh guru kelas, guru muatan pelajaran agama, PJOK, dan pembina ekstrakurikuler. Teknik penilaian yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian tertent (incidental record) sebagai unsur penilaian utama. (Juknis Hal 10)

Semua Siswa Diasumsikan Dan Dinilai Baik ( B ), Bila Tidak Ada Catatan Tentang Sikap Yang Sangat Baik ( SB ) Atau Kurang Baik ( PB ) Kutipan ini diambil dari Panduan Penilaian SD/MI Permendikbud No. 53 Tahun 2015 Hal 21



PENILAIAN PENGETAHUAN

1) Tes Tulis

2) Tes Lisan

3) Penugasan

       -Kompetensi Pengetahuan 1 (KI-3) dilakukan tidak hanya dengan tes tulis tetapi dapat juga dilakukan dengan tes lisan, dan penugasan. Penilaian tes dilakukan seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.(Juknis Hal 52)

 

PENILAIAN KETERAMPILAN

1) Penilaian Kinerja

2) Penilaian Proyek

3) Portofolio

       -Penilaian Ketrampilan (KI-4) bertujuan untuk memperoleh informasi ketercapaian KD pada muatan pelajaran keterampilan.
(
Juknis Hal 53)

         Nilai pengetahuan dan keterampilan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka dengan skala 0 sampai dengan 100 serta dibuatkan deskripsi capaian kemampuan peserta didik. Deskripsi tersebut berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD pada muatan mata pelajaran. (Juknis Hal 60)

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

>