Skripsi BAB I Judul " Peran Pesantren Dalam Pembangunan Masyarakat "
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Di
masa yang akan datang, masyarakat kita jelas akan menghadapi banyak perubahan
sebagai akibat dari kemajuan yang telah dicapai dalam proses pembangunan
sebelumnya, kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengaruh
globalisasi. Satu hal yang tidak mungkin dihindari adalah kegiatan pembangunan
nasional akan semakin terkait erat dengan perkembangan internasional.[1]
Penyelenggaraan
pendidikan adalah usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Penyelenggaraan
pendidikan tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah, masyarakat, dan orang
tua. Agar tujuan penyelenggaraan pendidikan dapat tercapai, sekoklah harus
mengadakan hubungan dengan masyarakat karena sekolah merupakan sebuah lembaga
pendidikan yang menunjang perkembangan masyarakat.[2]
Organisasi-organisasi
keagamaan telah mencanangkan berbagai macam program untuk menanggulangi
kemiskinan ataupun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lapisan bawah. Organisasi
keagamaan seperti Nahdlotul Ulama (NU) dan Muhammadiyah telah berusaha
memanfaatkan sumber dana dalam bentuk zakat, infak dan sedekah. Organisasi
keagamaan telah membentuk koperasi di sentra-sentra masyarakat, termasuk di
pondok-pondok pesantren.[3]
Sejak
awal kelahirannya, pesantren tumbuh, berkembang, dan tersebar di berbagai
pedesaan. Keberadaan pesantren sebagai lembaga keislaman yang sangat kental
dengan karakteristik Indonesia ini memiliki nilai-nilai strategis dalam
pengembangan masyarakat Indonesia. Realitas menunjukkan, pada satu sisi,
sebagian besar penduduk indonesia terdiri dari umat Islam, dan pada sisi lain,
mayoritas dari mereka tinggal di pedesaan.
Bedasarkan
realitas tersebut, pesantren sampai saat ini memiliki pengaruh cukup kuat pada
hampir seluruh aspek kehidupan di kalangan masyarakat muslim pedesaan yang
taat. Kuatnya pengaruh pesantren tersebut membuat setiap pengembangan pemikiran
dan interpretasi keagamaan yang berasal dari luar kaum elit pesantren tidak
akan memiliki dampak signifikan terhadap way of life dan sikap
masyarakat Islam di daerah pedesaan. Kenyataan ini menunjukkan setiap upaya
yang ditujukan untuk pengembangan masyarakat, terutama di daerah pedesaan,
perlu melibatkan dunia pesantren.[4]
Lembaga
pendidikan masyarakat termasuk pondok pesantren haruslah bersifat fungsional,
sebab lembaga pendidikan sebagai salah satu wadah dalam masyarakat biasa
dipakai sebagai ‘pintu gerbang’ dalam menghadapi tuntutan masyarakat, ilmu
pengetahuan dan teknologi yang terus
mengalami perubahan. Untuk itu lembaga pendidikan, termasuk pondok pesantren
perlu mengadakan perubahan secara terus-menerus seiring dengan berkembangnya
tuntutan-tuntutan yang ada dalam masyarakat yang dilayaninya. Pondok pesantren
yang telah lama menjadi tumpuan pendidikan masyarakat “religius” tidak boleh
mengabaikan tuntutan perubahan tersebut.[5]
Berbicara
tentang pemberdayaan masyarakat dalam konteks Indonesia, maka kehadiran
pesantren menjadi suatu keniscayaan untuk
dilibatkan. Sebab pesantren sejak kemunculannya, memang tidak dapat
dilepaskan dari peran masyarakat. Lembaga keagamaan ini tumbuh berkembang dari
dan untuk masyaraakat. Pesantren didirikan dengan tujuan mengadakan transformasi
sosial bagi (masyarakat) daerah sekitarnya.[6]
Pelibatan
instuisi pesantren dalam akselerasi pendidikan maupun pengembangan masyarakat
bukan saja signifikan, tetapi sekaligus strategis, bukan hanya karena pesantren
merupakan lembaga pendidikan yang memiliki akar kuat di masyarakat, tetapi juga
mayoritas madrasah berstatus swasta (95% dari total jumlah madrasah), dan
sebagian diantaranya berada di pesantren. Sebagai intuisi yang menempati posisi
penting di masyarakat, pesantren di harapkan mampu memberi stimulasi dan
pengaruh kepada masyarakat tentang makna pendidikan. Tambahan lagi, saat ini
ada kecenderungan kuat di kalangan keluarga muslim untuk menyekolahykan anaknya
di pesantren, baik karena alasan religius ataupun lingkungan sosial budaya.
Fenomena satu sisi menunjukkan bahwa lembaga pendidikan pesantren tengah
mengalami semacam “kebangkitan”, atau setidaknya menemukan “Popularitas” baru.[7]
Pengembangan
masyarakat menjadi sesuatu yang tidak terelakkan untuk diletakkan secara utuh dalam
sistem pendidikan yang dilakukan pesantren, sebab Islam pada hakikatnya adalah
agama yang mengajarkan umatnya untuk melakukan pembebasan umat manusia secara
keseluruhan dari belenggu yang akan mereduksi nilai-nilai kemanusiaan. Sejak
awal, monoteisme yang diajarkan Nabi Muhammad adalah kebertauhidan yang terkait
erat dengan humanisme dan rasa keadilan ekonomi dan sosial yang intensitasnya
tidak kurang dari persoalan tauhid itu sendiri. Oleh karena itu, peran ini
meniscayakan pesantren sebagai instuisi keislaman untuk melibatkan diri ke
dalam pengentasan umat manusia dan masyarakat Islam secara khusus dari segala
proses yang akan membuat mereka tidak berdaya.[8]
Berdasarkan ulasan diatas, Pesantren
Ulul Albab di desa panggung lombok kecamatan Candipuro, tidak hanya berperan
dalam bidang agama tetapi berperan dalam pembangunan masyarakat di bidang
pendidikan. Pembangunan pendidikan di pondok pesantren Ulul Albab ditunjukan
dengan adanya sekolah SMP dan SMA, dan dengan adanya pendidikan umum di
lingkungan pondok pesantren tersebut, masyarakat sadar akan pentingnya
pendidikan. Dengan adanya pembangunan di bidang pendidikan, masyarakat akan
berkembang dan ikut berpartisipasi dalam pesantren. Ini merupakan wujud dari
peran pesantren dalam membangun masyarakat yang berpendidikan.
Dengan memperhatikan uraian-uraian tersebut di
atas, penulis tertarik untuk mengetahui dengan mengamati secara teliti dan
sistematis melalui penelitian, dengan judul Peran Pesantren Dalam Pembangunan
Masyarakat di Desa Panggung lombok Candipuro ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Ulul
Albab di Desa Panggung Lombok Kecamatan Candipuro Lumajang ).
B.
Fokus
Penelitian
Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti memfokuskan masalah dalam
penelitian sebagai berikut:
1. Bagaimana peran pesantren dalam pembangunan pendidikan
masyarakat di Pondok Pesantren Desa Panggung Lombok Kecamatan Candipuro
Lumajang?
2. Bagaimana pengembangan pendidikan di Pondok Pesantren Desa
Panggung Lombok Kecamatan Candipuro Lumajang?
C.
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan fokus permasalahan diatas, tujuan penelitian ini ada dua yaitu:
1. Untuk mengetahui peran pesantren dalam pembangunan
pendidikan masyarakat di Desa Panggung Lombok Kecamatan Candipuro Lumajang.
2. Untuk mengetahui peran pesantren dalam pembangunan
ekonomi masyarakat di Desa Panggung Lombok Kecamatan Candipuro Lumajang.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini mempunyai manfaat yang secara garis besar dibagi menjadi
dua yaitu :
1.
Secara
Teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi
pengembang ilmu pengetahuan dan akademis dalam menambah wawasan dan memperkaya
pengetahuan tentang peran pesantren dalam pembangunan masyarakat.
2.
Secara
Praktis
a.
Bagi Pondok
Pesantren Ulul Albab Panggung Lombok Candipuro
1)
Diharapkan
menjadi masukan yang membantu dan sekaligus sebagai bahan selanjutnya, sebagai
peran pesantren dalam pembangunan masyarakat.
2)
Diharapkan
memberikan kontribusi terhadap peran pesantren dalam pembangunan masyarakat.
b.
Bagi IAI
Syarifuddin Wonorejo Lumajang
1)
Diupayakan dapat
memberi kontribusi terhadap IAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang terutama dalam
peran pesantren dalam pembangunan masyarakat.
2)
Diupayakan dapat
menjadi lengkapnya literature masalah pendidikan.
c.
Bagi Peneliti
1)
Merupakan media
untuk menambah wawasan dan keilmuan bagi peneliti tentang ilmu pendidikan,
khususnya menyangkut tentang peran pesantren dalam pembangunan masyarakat.
2)
Sebagai wadah
untuk berproses dalam belajar penulisan karya ilmiah yang benar bagi peneliti.
E. Definisi
Konsep
Untuk menghindari kesalahan interpretasi dalam memahami maksud dan
tujuan penelitian, maka perlu adanya penjelasan dari konsep penelitian ini :
1. Peran Pesantren
Peran adalah usaha atau tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam
suatu peristiwa. Pesantren adalah tempat untuk mencari ilmu atau lembaga
keislaman yang berada di sekitar masyarakat. Jadi, peran pesantren adalah usaha
atau tindakan yang dilakukan oleh pesantren dalam suatu peristiwa.
2. Pembangunan Masyarakat
Pembangunan Masyarakat adalah upaya dalam pemberdayaan dan
mensejahterkahkan masyarakat untuk mengentaskan masyarakat dari segala sesuatu
yang tidak berdaya.
Berdasarkan
ulasan diatas yang dimaksud dengan judul Peran Pesantren Dalam Pembangunan
Masyarakat adalah usaha atau tindakan Pesantren Ulul Albab dalam membangun
masyarakat dalam bidang pendidikan di Desa Panggung Lombok Kecamatan Candipuro–Lumajang.
F. Sistematika Pembahasan
Untuk
memberikan pemahaman yang lebih sempurna, maka pembahasan ini akan dibagi
menjadi 5 (lima) bab yaitu :
Bab
I adalah pendahuluan yang menjadi latar belakang masalah, fokus penelitian,
tujuan penelitian, manfaat penelitian, definisi konsep, dan sistematika
pembahasan.
Bab
II adalah kajian kepustakaan yang terdiri atas penelitian terdahulu dan kajian
teori yang berkaitan dengan peran pesantren dalam pembangunan masyarakat.
Bab
III adalah metode penelitian yang meliputi pendekatan jenis penelitian, lokasi
penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, analisis data, keabsahan data
dan tahap-tahap penelitian.
Bab
IV adalah penyajian data dan analisis data yang berisi gambaran objek
penelitian, penyajian data dan analisis data, terakhir tentang pembahasan
temuan.
Bab
V adalah Kesimpulan dan saran, yang memuat kesimpulan dari hasil penelitian dan
saran-saran yang membangun bagi penyempurnaan hasil penelitian.
UNTUK SELENGKAPNYA BISA DOWNLOAD FILE SKRIPSINYA DI SINI
[1] Sunyoto Usman, Pembangunan dan
Pemberdayaan Masyarakat,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2010),3
[3] Usman, Pembangunan dan Pemberdayaan
Masyarakat,166
[4] Abd A’la, Pembaruan Pesantren,(Yogyakarta:Pustaka
Pesantren, 2006), 2.
[5] M.Sulthon, Moh. Khusnuridlo, Manajemen
Pondok Pesantren dalam Prespektif Global,(Yogyakarta:LaksBang
PRESSindo,2006),2
[6] A’la.,Pembaruan Pesantren,47
[7] Sulthon, Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren dalam Prespektif
Global, 29
[8] A’la, Pembaruan Pesantren,12
No comments:
Post a Comment